Saturday, February 23, 2013

SYAFAAT AL-QUR'AN


Segala puji bagi Allah yang telah menjadikan al-Qur’an sebagai petunjuk dan rahmat serta kabar gembira bagi kaum muslimin. Saya bersaksi bahwa tidak ada yang diibadahi dengan benar kecuali hanya Allah SWT semata dan saya bersaksi bahwa Nabi Muhammad SAW adalah hamba dan utusan-Nya. Shalawat dan salam semoga senantiasa Allah SWT curahkan kepada Nabi kita Muhammad SAW, keluarga, para sahabatnya, dan seluruh kaum muslimin yang mengikuti petunjuknya.


Marilah kita senantiasa bertakwa kepada Allah SWT dan bersungguh-sungguh dalam mempelajari dan mengamalkan kitab-Nya. Bacalah al-Qur’an karena sesungguhnya dia akan datang pada hari kiamat sebagai pemberi syafaat atau penolong bagi orang yang membacanya.”
Allah SWT berfirman:
“Sesungguhnya orang-orang yang selalu membaca kitab Allah dan mendirikan shalat serta menafkahkan sebagian dari rezeki yang Kami anugerahkan kepada mereka (baik secara) diam-diam (maupun) terang-terangan, mereka itu mengharapkan perniagaan yang tidak akan merugi. Agar Allah menyempurnakan kepada mereka pahala mereka dan menambah kepada mereka dari karunia-Nya, sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Mensyukuri.” (Fathir: 29—30)

Ayat dan hadits di atas memberikan anjuran kepada kita semua untuk bersungguh-sungguh dalam membaca dan mempelajari serta mengamalkan al-Qur’an, karena di dalamnya terdapat petunjuk dan jalan keluar dari fitnah serta terdapat berita tentang umat terdahulu dan berita tentang beberapa kejadian yang akan datang.


Maka dari itu, seorang yang berlandaskan al-Qur’an akan benar perkataannya dan yang mengamalkannya akan mendapat balasan yang besar. Begitu pula, orang yang berhukum dengannya akan tegak di atas keadilan dan yang berdakwah mengajak kepadanya akan menempuh jalan yang benar.



Mudah-mudahan kita termasuk dari orang-orang yang diberi kemudahan untuk senantiasa ikhlas dalam membaca, mempelajari, dan mengamalkan al-Qur’an.
Marilah kita senantiasa bertakwa kepada Allah l dan bersyukur kepada-Nya atas nikmat diturunkannya kitab yang agung, yaitu al-Qur’an.

Allah SWT berfirman:
“Wahai manusia, sesungguhnya telah datang kepada kalian (kitab yang berisi) peringatan dari Rabb kalian dan obat bagi penyakit-penyakit (yang berada) dalam dada, serta petunjuk dan rahmat bagi orang-orang yang beriman.” (Yunus: 57)

“Sesungguhnya al-Qur’an ini memberi petunjuk kepada (jalan) yang lurus dan memberi kabar gembira kepada orang-orang beriman yang mengerjakan amal saleh bahwa bagi mereka ada pahala yang besar.” (al-Isra: 9)

Sesungguhnya adanya al-Qur’an di sekitar kita dan mudahnya seseorang untuk memperolehnya merupakan nikmat besar yang Allah l karuniakan kepada hamba-hamba-Nya yang mau membaca dan mempelajarinya. 

Maka, marilah kita bertakwa kepada Allah SWT dengan memperbanyak membacanya, lebih-lebih pada bulan yang penuh keutamaan, yaitu bulan Ramadhan. Sesungguhnya membacanya pada bulan tersebut memiliki keistimewaan dibanding membacanya pada bulan-bulan lainnya, karena bulan tersebut adalah bulan diturunkannya al-Qur’an dan kebaikan-kebaikan yang dilakukan pada bulan tersebut dilipatgandakan balasannya melebihi bulan-bulan lainnya.

Demikian pula keinginan untuk membaca dan mentadabburi al-Qur’an pada bulan tersebut lebih besar dari bulan-bulan lainnya. Oleh karena itu, malaikat Jibril mengajari Nabi kita Muhammad SAW al-Qur’an pada setiap malam di bulan tersebut, bulan Ramadhan dengan mengkhususkannya sebagai bulan untuk membaca al-Qur’an.

Nabi Muhammad SAW bersabda:
“Orang yang mahir dalam membaca al-Qur’an akan bersama para malaikat yang mulia dan selalu berbuat baik sedangkan orang yang membaca al-Qur’an dalam keadaan terbata-terbata dan dia kesulitan (dalam membaca) maka baginya dua pahala.” (HR. al-Bukhari dan Muslim)

Semoga kita semua selalu menjadi orang-orang yang diberkahi, diberikan keselamatan, dijauhkan dari segala godaan syetan dan kesesatan, selalu berada di jalan yang Allah SWT berikan nikmat, bukan jalan yang dimurkaiNya..aamiin…
Buka link ini untuk mempelajari dan mendegarkan pembacaan Al-Qur'an: