Tuesday, February 26, 2013

SHALAT SUBUH








FIRMAN ALLAH SWT
“Sesungguhnya yang petama kali akan dihisab atas seorang hamba pada hari kiamat adalah perkara shalat. Jika Shalatnya baik, maka baikpula seluruh amalan ibadah lainnya, kemudian semua amalannya akan dihitung atas hal itu.” (HR. An Nasa’I : 463)

KEUTAMAAN SHALAT SUBUH 
DILAPANGKANNYA RIZKI 
“Barang siapa yang bertakwa kepada Allah, niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar. Dan memberinya rizki dari arah yang tidak disangka-sangkanya” 
(QS.Ath Thalaq : 2-3) 

SALAH SATU PENYEBAB MASUK SURGA 
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa yang mengerjakan shalat bardain (yaitu shalat shubuh dan ashar) maka dia akan masuk surga.” 
(HR. Bukhari no. 574 dan Muslim no. 635) 

PENGHALANG MASUK NERAKA 
Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Tidaklah akan masuk neraka orang yang melaksanakan shalat sebelum terbitnya matahari (yaitu shalat shubuh) dan shalat sebelum tenggelamnya matahari (yaitu shalat ashar).” 
(HR. Muslim no. 634) 

DALAM JAMINAN ALLAH SWT 
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa yang shalat subuh maka dia berada dalam jaminan Allah. Oleh karena itu jangan sampai Allah menuntut sesuatu kepada kalian dari jaminan-Nya. Karena siapa yang Allah menuntutnya dengan sesuatu dari jaminan-Nya, maka Allah pasti akan menemukannya, dan akan menelungkupkannya di atas wajahnya dalam neraka jahannam.” 
(HR. Muslim no. 163) 

DIHITUNG SEPERTI SHALAT SEMALAM PENUH 
Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa yang shalat isya` berjama’ah maka seolah-olah dia telah shalat malam selama separuh malam. Dan barangsiapa yang shalat shubuh berjamaah maka seolah-olah dia telah shalat seluruh malamnya.” 
(HR. Muslim no. 656) 

DISAKSIKAN PARA MALAIKAT 
Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Dan para malaikat malam dan malaikat siang berkumpul pada shalat fajar (subuh).” 
(HR. Bukhari no. 137 dan Muslim no.632) 


JUMLAH RAKAAT
2 Rakaat

WAKTU SHALAT 
Menjelang terbit fajar sampai sebelum matahari terbit


NIAT SHALAT SUBUH 

“Ushalli Fardladh shub-hi rak’ataini mustaqbilal qiblati adaa-an (makmuman/imamam) lillahi ta’ala.” 

“Aku sengaja shalat fardu subuh dua rakaat menghadap kiblat (makmum/imam) karena Allah” 


DZIKIR SETELAH SHALAT 
Astagfirullaahal 'azhiim 3X Alladzi laa ilaaha illaa huwal hayyul qaiyyuum wa atuubu ilaihi 
Aku mohon ampun kepada Allah Yang Maha Agung, saya mengaku tiada Tuhan melainkan Allah yang maha hidup serta maha berdiri sendiri, dan aku bertaubat kepadaNya. 

“Subhanallah Wa Bihamdihi Subhanallahil Adzim” 3x 
“Maha Suci Allah dengan segala puji bagi-Nya, Maha Suci Allah yang Maha Agung.” 

Laa ilaaha illallahu wahdahu laasyariikalah Lahul mulku walahul hamdu yuah yii wa yumiitu wahua 'alla kulli syai 'in qadiir
Tidak ada Tuhan selain dari Allah sendirinya, tidak ada sekutu bagiNya - KepunyaanNya semua kekuasaan dan pujian dan Dia berkuasa atas sesuatu 

Allaahum ma antas salaam, waminkas salaam, fa ilaika ya 'uudus salaam, Fahayyina rabbanaa bis salaam, Wa adkhilnal jan nataka daaras salaam, tabaa rakta rabbanaa wa ta 'aalaita yaa dzal jalaali wal ikraam.
Ya Allah, Engkaulah keselamatan, dariMulah asal keselamatan dan kepadaMu pula kembali keselamatan, maka hidupkanlah aku dengan keselamatan dan masukkanlah aku kedalam surga kampung keselamatan. Maha Mulia Engkau Ya Allah yang memiliki kemegahan dan kemuliaan. 

‘Allahumma a’innii ‘ala dzikrika wa syukrika, wa husni ‘ibaadatika illahi ya Rabbi.’ 
Ya Allah, bantulah aku untuk mengingat-Mu dan bersyukur kepada-Mu, serta agar bisa beribadah dengan baik kepada-Mu 

Subhaanallaah 33x. 
Maha suci Allah. 

Subhaanallahil wabi hamdihi daa a iman taiman ibadatan 
Alhamdulillaah 33x.
Segala puji untuk Allah. 

Alhamdulillahi rabbil 'alamin alla kuli halin wafi kuli halin wanimatin 
Allahu akbar 33x.
Allah maha besar. 

Allahu akbar kabiiraw walhamdu lillaahi katsii raw wasubhaa nallaahi bukrataw wa ashiila Laa ilaaha illallaahu wahdahulaa syariikalah lahul mulku waalahul hamdu wahuwa 'alaa kulli syai inqadiir, laa haula walaa quw wata illaa billa hil 'aliy yil 'azhiim. 
Allah Maha Besar, sempurna Besar. Dan segala puji yang banyak itu hanya bagi Allah semata-mata. Maha Suci Allah sepanjang pagi dan petang.TiadaTuhan yang disembah selain dari Allah yang Maha Esa, tiada sekutubagiNya, milikNya segala kekuasaan dan milikNya segala pujian dan Dia yang menghidupkan dan mematikan. Dia Maha Berkuasa atas sesuatunya.Tiada daya dan kekuatan, melainkan dengan pertolongan Allah Yang MahaAgung. 

Allahumma shalli 'ala sayyidina Muhammadin 'abdika warasulika nabiyyil ummiyyi wa' ala alihi washahbihi wassallim. 

Ayat kursi:
Allahu laa ilaha illa huwal haiyyul qa yyuum 
Laata' khudzuhuu sinatuw walaa naum 
Lahuu maa fissamawaati wamaa fil ardhi 
Mandzalladzii yasfa'u 'indahu illaa bi idznih 
Ya 'lamu maa baina aidziihim wamaa khalfahum 
Walaa yuhiithuuna bisyai in min 'ilmihi illaa bimaa sya' 
Wasi'a kursiyyuhussamaawaati wal ardha 
Walaa ya uuduhu hifdzuhumaa wahuwal 'aliyyul 'adhiim. 
Allah, tidak ada Tuhan selain dari padaNya, selalu hidup, berkuasasendiriNya. 
Tidak mengantuk dan tidak tidur. KepunyaanNya apa yang dilangit dan apa yang dibumi. 
Siapakah yang dapat membela disampingNya kalau tidak dengan izinNya. 
Dia mengetahui apa yang dihadapan dan apa yang dibelakang mereka, dan 
mereka hanya mengetahui sedikit saja apa yang dikehendakiNya. 
Kekuasaan Tuhan Maha luas meliputi langit dan bumi, tidak ada yang 
membantu memelihara keduanya, Dia Maha Tinggi lagi Maha Agung. 

DO’A SETELAH SHALAT 
Bismillahirrahmaanirrahiim. 
Alhamdu lillaahi rabbil 'aalamiin, hamdan yuwaafii ni'amahu wayukaafii maziidahu. Ya rabbanaa lakal hamdu kamaa yan baghii lijalaali wajhika wa'azhiimi sulthaanika. Allahumma shalli 'alaa sayyidinaa Muhammadin wa'alaa aali sayyidinaa Muhammad
Dengan nama Allah yg maha pengasih dan penyayang. 
Segala puji bagi Allah tuhan seru sekalian alam. Dengan puji yg sebanding dgn nikmatNya dan menjamin tambahannya. Ya Allah Tuhan kami, bagiMu segala puji dan segala apa yg patut atas keluhuran DzatMu dan keagungan kekuasaanMu. Ya Allah, limpahkanlah rakhmat dan salam atas junjungan kita Nabi Muhammad dan sanak keluarganya. 

Allahumma rabbanaa taqabbal minnaa shalaataana Washi yaamanaa warukuu 'anaa wasujuudanaa Waqu 'uudanaa watadlarru 'anaa, Watakhasysyu 'anaa - wata 'abbudanaa Watammim taqshiiranaa Yaa Allah yaa rabbal 'aalamin. 
Ya Allah, terimalah shalat kami, puasa kami, ruku kami, sujud kami duduk rebah kami, khusu' kami, pengabdian kami dan sempurnakanlah apa yg kami lakukan selama shalat. Ya Allah, Tuhan seru sekalian alam. 

Rabbana dzhalamnaa anfusanaa wainlam taghfir lanawatarhamnaa Lanakuunanna minal khaasiriin. Rabbanaa walaa tahmil 'alainaa ishran kamahamaltahuu 'alal ladziina min qablinaa rabbanaa walaa tuhammilnaa maalaa thaaqatalanaa bihi wa'fu 'annaa waghfir lanaa warhamnaa anta maulaanaa fanshurnaa 'alal qaumil kaafiriin. 
Ya Allah, kami telah aniaya thd diri kami sendiri, karena itu ya Allah, jika tidak dgn limpahan ampunanMu dan rakhmatMu niscaya kami akan jadiorang yg sesat. Ya Allah Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan atas diri kami beban yg berat sebagaimana yg pernah Engkau bebankan kpd orang yg terdahulu dr kami. Ya Allah Tuhan kami, janganlah Engkau bebankan atas diri kami apa yg diluar kesanggupan kami. Ampunilah dan limpahkanlah rakhmat ampunan thd diri kami ya Allah. Ya Allah Tuhan kami, berilah kami pertolongan utk melawan orang yg tidaksuka kpd agamaMu. 

Rabbanaa laa tuzigh quluubanaa ba'da idzhadaitanaa wahab lanaa min ladunka rahmatan innaka antal wahhaab. 
Ya Allah Tuhan kami, janganlah Engkau sesatkan hati kami sesudahmendapat petunjuk, berilah kami karunia. Engkaulah yang maha pemurah. 

Rabbanaghfir lanaa waliwaalidiinaa wali jamii'il muslimiina wal muslimaati wal mu'miniina wal mu'mininaati al ahyaa'i minhum wal amwaati innaka 'alaa kulli sya'i in qadiir. 
Ya Allah ya Tuhan kami, ampunilah dosa kami, dosa-dosa kedua orang tua kami, dosa-dosa kaum muslimin dan muslimat, dosa-dosa kaum mukminin serta mukminat. 
Sesungguhnya Engkau adalah dzat Yang Maha Kuasa atas segala-galanya. 

Rabbanaa aatinaa fiddun ya hasanatan wafil aakhirati hasanatan waqinaa 'adzaaban naar. 
Ya Allah Tuhan kami, berilah kami kebahagiaan di dunia dan kesejahteraan di akhirat, serta hindarkanlah kami dari siksaan api neraka. 

Allaahummaghfir lanaa dzunuubanaa wakaffir 'annaa sayyi aatinaa watawaffanaa ma alabraari. 
Ya Allah ampunilah dosa kami dan tutupilah segala kesalahan kami, dan semoga jika kami mati nanti bersama-sama dengan orang yang baik-baik. 

Subhaana rabbika rabbil 'izzati 'ammaa yashifuuna wasalaamun 'alalmursalin. Walhamdulillahi robbil 'alamiin.
Maha suci Engkau, Tuhan segala kemuliaan. Suci dari segala apa yg dikatakan oleh orang-orang kafir. Semoga kesejahteraan atas para rasul dan segala puji bagi Allah Tuhan seru sekalian alam.
(selain zikir & doa, setelah shalat subuh alangkah lebih baik meneruskan dengan membaca surah AL-WAQIAH)